Selasa, 27 Desember 2011

Manusia Setengah Salmon by @radityadika


 Sejauh ini yang paling gue inget tentang buku ini adalah pas di Gramedia @SMS-nya. Waktu itu gue baru aja pengen minta nyokap beliin satu buku, ya Manusia Setengah Salmon ini, pas gue ngehampirin nyokap gue, ternyata adek gue udah minta beliin 4 buku. 

"Mah, ini gak adil mah! Aku baru satu buku, masa' dia udah 4 buku!?" 

Abaikan. 


Yang jelas, pas buku ini udah resmi jadi milik gue, gue sadar. Dari semua novelnya Raditya Dika, kekurangannya cuma satu. Covernya. Yah tapi kan orang bilang don't judge a book from its cover, jadi gue lupakan covernya dan gue baca bukunya. 


Bab yang paling berhasil bikin gue dapet tatapan ini-anak-kenapa-sih dari nyokap gue ialah Ledakan Paling Merdu, Bakar Saja Keteknya sama Lebih Baik Sakit Hati


Berkat bab Ledakan Paling Merdu, gue bersyukur bokap gue gak pernah ikutan Merpati Putih ato apalah itu. Here's the funniest part from my opinion


Sekali lagi, bokap menyuruh gue ngeden. 
     Sekali lagi gue menarik napas dalam-dalam, mengencangkan seluruh otot perut, dan akhirnya suara lemah itu timbul, suara kentut yang panjang dan fals. 
     'Pyiuuuuuuut.' Bunyi kentut gue kayak abang-abang kue putu lewat. 
     Bagaimanapun juga, gue berhasil. Gue berhasil kentut. Gue menengok ke sebelah kanan, senyuman puas Bokap meyakinkan gue bahwa kentut tadi benar-benar keluar. Bokap menepuk-nepuk pundak gue, gaya seorang ayah yang bangga dengan anaknya. 'Bagus, Dika. Itu kentut yang bagus.' 


Sampe sekarang gue gak ngerti apa bagusnya bunyi kentut itu. Mungkin karena gue bukan bokapnya Raditya Dika, ato mungkin karena gue bukan orang Batak... Entahlah. Yang jelas, bagian itu berhasil bikin gue ngakak.


Nah, kalo bab Bakar Saja Keteknya,... Ini lebih parah lagi efek ketawanya. Apalagi yang pas bagian si Sugiman bilang bunga bangke dibakar biar baunya ilang... sama yang dia make deodoran sebelom tidur. Gue ketawa sendiri... Untung pas gue bacanya lagi di tempat umum, kalo enggak gue udah ngakak guling-guling... Bener-bener dah si Sugiman. Congratulations, lo udah bikin gue bangga :') *eh* 


Lebih Baik Sakit Hati. Iya sih, gue setuju sama Raditya Dika. Emang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, dan orang yang bilang lebih baik sakit hati pasti belom pernah ke dokter gigi. Dan berkat bab ini jugalah gue semakin gak pengen pake behel. Nyokap gue udah pernah nawarin pake behel, dari awal gue emang gak mau sih, tapi begitu baca bab ini... Tambah gak mau dan gak akan pernah mau. 


     'Tarik napas...' 
     Gue menarik napas. 
     'Buang...' 
     Gue kentut sedikit. 
     'Buangnya lewat idung!' seru si dokter. 


Mau baca berapa kalipun, gue pasti ketawa baca yang itu... Duh, kalo gue yang ngalamin mah malu-maluin banget -___- tapi keren deh, keren. Pengalaman yang keren :p 

Masuk bab Penggalauan, ada satu yang ngena banget sama gue. 

Jatuh cinta sama kamu tuh kayak naik histeria. Dibawa naik pelan-pelan, lalu dijatuhin tiba-tiba. 

Kalimat inilah yang bikin gue gak nyesel udah beli (dibeliin) Manusia Setengah Salmon-nya Raditya Dika. Sebagai orang yang udah sering ngalamin, gue bener-bener ngehargain kalimat yang satu itu :') 

Jaya terus yah, Bang Dika! Novel barunya ditunggu :) 

#27122011 | 15:01 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar